List News

Jakarta, 18 Januari 2019 -- Baitulmaal Muamalat (BMM) adalah Lembaga Amil Zakat Nasional yang didirikan oleh Bank Muamalat sejak tanggal 16 Juni 2000. Lembaga ini merupakan pengelola zakat resmi yang ditunjuk pemerintah untuk menghimpun dan menyalurkan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) dari umat kepada para mustahik yang layak menerimanya.

Selama lebih dari 18 tahun berkiprah, BMM selalu berusaha melakukan tata kelola yang baik terutama dalam hal pendistribusian dan pendayagunaan dana ZISWAF guna meningkatkan kesejahteraan umat melalui program-program yang inovatif, kreatif dan berkesinambungan, diantaranya dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dakwah, kemanusiaan serta wakaf produktif.

BMM yang berkantor di Kompleks Perkantoran Mitra Matraman – Jakarta Timur mencoba mengajak seluruh perusahaan maupun lembaga di area kompleks perkantoran tersebut untuk menumbuhkan rasa peduli dan siap berbagi kepada masyarakat disekitar lingkungan perkantoran.

Jika merujuk pada data BPS Jakarta Timur tahun 2018, di Kelurahan Kebon Manggis, dimana lokasi Perkantoran Mitra Matraman berada, masih banyak terdapat keluarga pra-sejahtera, dan keadaan tersebut tidak dijumpai di kelurahan lainnya di Jakarta Timur.

Menanggapi keadaan tersebut, pada hari Jum’at tanggal 18 Januari 2019, BMM menginisiasi penyelenggaraan kegiatan bertajuk “Mitra Matraman Peduli Sesama.” Acara tersebut terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya pemberian santunan kepada 100 anak yatim dan dhuafa di sekitar Kompleks Perkantoran Mitra Matraman.

BMM juga memfasilitasi para karyawan perusahaan/lembaga di lingkungan kantor BMM dan masyarakat sekitar untuk ikut berpartisipasi dalam aksi donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Alhamdulillaah, antusias karyawan dan warga sekitar cukup banyak terhadap aksi donor darah tersebut terdiri dari 100 orang peserta.

Selain itu, acara juga diisi dengan penandatanganan MoU Program Beasiswa Tahfizh Muamalat kepada 21 pesantren di wilayah Pulau Jawa dan Nusa Tenggara yang diresmikan oleh Bpk. Teten Kustiawan selaku Direktur Eksekutif Baitulmaal Muamalat.

Menurut Beliau, acara ini dimaksudkan untuk membangun silaturahim dan ta’awun warga Mitra Matraman dengan warga sekitar sehingga terwujud saling peduli antar sesama anak bangsa. Selain itu, untuk membuktikan kiprah ZIS dalam meningkatkan kesejahteraan dan memajukan pendidikan dalam pembangunan nasional.

Acara ini juga dihadiri oleh Bpk. Andry Dony selaku Anggota Pembina Yayasan Baitulmaal Muamalat sekaligus sebgai Direktur Kepatuhan dan Manajemen Resiko PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Kedepannya, Insya Allah BMM akan terus berkomitmen untuk menjalankan visinya menjadi amil zakat nasional yang independen, profesional dan unggul dalam memberikan kemudahan muzaki berzakat sesuai syariah serta melayani dan meningkatkan kesejahteraan mustahik.

BMM juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan selama ini. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala selalu meridhoi setiap langkah BMM dalam menebarkan kebaikan demi tercapainya kemandirian dan kemaslahatan umat. Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

Berita terkait artikel ini, juga bisa dibaca di:

 

Tags:

Share: