List News

Kulonprogo - Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitulmaal Muamalat (BMM) melalui program Bangun Desa Unggul kembali memberdayakan masyarakat Pagerharjo dengan ternak berbasis Gaduh. Pada program pemberdayaan kambing tahap kedua ini, BMM fokus pada sistem breeding/pembiakan, sedangkan ditahap pertama fokus pada sistem fattening/penggemukan. (8/11)

Bedanya pada tahap kedua ini ialah setiap penerima manfaat nantinya akan mendapatkan bagi hasil berupa cempe/anakan kambing dari hasil breeding di kandang BMM. Konsepnya apabila indukan melahirkan 2 anak kambing maka yang 1 ekor menjadi milik penerima manfaat dan seterusnya, intinya hasil dari breeding ini dibagi 2 dengan para penerima manfaat.

Pada program gaduh tahap kedua ini BMM menyediakan 1 pejantan dan 10 indukan kambing siap kawin. Nantinya seluruh kambing tersebut akan dirawat oleh para penerima manfaat sekaligus didampingi oleh pendamping masyarakat BMM pagerharjo untuk memantau perkembangan dan kesehatan ternak.

Dwi Atmoko salah satu penerima manfaat mengatakan bahwa dirinya senang bisa mengikuti program gaduh dari BMM.

"sudah lama saya ingin punya ternak namun belum kesampaian, alhamdulillah saat ini saya bisa ikut program gaduh kambing dari BMM sebagai ikhtiar saya agar bisa punya hewan ternak sendiri, matur nuwun BMM", ujarnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Barinem salah satu penerima manfaat gaduh kambing, ia menyampaikan bahwa sudah lama dirinya ingin ikut gaduh kambing namun baru kali ini bisa terpilih pada program gaduh kambing.

“Alhamdulillah bisa ikut program gaduh kambing ini, semoga saya bisa mempunyai hewan ternak yang dikembangkan di rumah” harap Barinem.

Helmi selaku staff pendamping masyarakat BMM mengatakan bahwa program gaduh kambing tahap kedua ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan modal dalam beternak, InsyaAllah diakhir program, penerima manfaat bisa mendapatkan hewan ternak dari hasil gaduh kambing BMM sehingga setiap penerima manfaat dapat langsung merasakan manfaatnya.

Gaduh Kambing merupakan program pemberdayaan ekonomi berbasis kawasan yang diinisiasi oleh Baitulmaal Muamalat bagi para penerima manfaat yang berada di sekitar Desa Pagerharjo. Dalam program ini para penerima manfaat di edukasi cara beternak yang baik dan benar serta dibina dengan kajian keislaman di masjid-masjid terdekat.

Tags:

Share: