List News

Alhamdulillah pada senin (23/08) lalu telah berlangsung "Panen Raya Padi Organik" oleh Pesantren Mawaridussalam di Jalan Peringgan, Desa Tumpatan, Kec. Batangkuis, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. 

Panen Raya kali ini dihadiri oleh Syahlan selaku Regional Head Sumatera Bank Muamalat Indonesia, Rina Ekawati selaku Kepala divisi Perwakilan Baitulmaal Muamalat dan dan Ustad Syafi’i sebagai penanggungjawab bidang pertanian di Pesantren Mawaridussalam.

Sawah seluas 1,3 hektar tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Bank Muamalat, Laznas BMM dan Pesantren Mawaridussalam dalam bidang pertanian penanaman padi organik. Alhamdulillah kualitas padi yang dihasilkan, baik bulir dan keseluruhan termasuk bagus dengan total panen encapai 7,8 ton, bahkan mampu menyamai sawah sekitarnya yang menggunakan banyak bahan kimia.

Rencananya sistem pertanian padi di lahan tersebut digunakan sebagai pilot project yang akan dapat diduplikasi oleh para petani sekitar. Beberapa hal yang akan diintervensi seperti pengadaan mesin penggilingan padi yang dapat mengurangi biaya operasional, pemodalan satu kali masa tanam, pengkapasitasan proses produksi dan pemasaran dan pastinya pendampingan secara berkala dalam proses perawatan lahan dan pemasaran hasil panen.

Semoga dengan kolaborasi yang dilakukan dapat melejitkan hasil panen baik secara kualitas dan kuantitasnya. Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan Pesantren Mawaridussalam dan para petani sekitar.

Tags:

Share: