List News

Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitulmaal Muamalat (BMM) berkolaborasi dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Lero adakan pelatihan produksi pembuatan sirup kelapa berlokasi di Madrasah Diniyyah Muamalat III, Desa Marana, Kec. Sindue, Kab. Donggala, Sulawesi Tengah (28/6/2022).

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 34 orang peserta yang merupakan gabungan dari Kelompok Usaha Desa Oti, Kelompok Usaha Desa Marana dan Kelompok Usaha Desa Saloya yang manatelah unit usaha binaan Laznas BMM di Donggala.

Kegiatan pelatihan produksi pembuatan sirup kelapa sendiri bertujuan untuk membekali para anggota kelompok usaha BMM dengan kemampuan melakukan produksi sirup air kelapa yang sesuai standar serta kemampuan pemasaran sehingga diharapkan mereka mampu bersaing dengan unit usaha sejenis kedepannya.

Syamsiah Gofur, SP. M.Si selaku Koodinator KSPP BPTP Sulteng dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan pelatihan ini dan juga menyampaikan bahwa BPTP akan selalu mendukung kegiatan semacam ini khususnya dari segi teknologi pertanian.

Salah satu peserta pelatihan, Aslia (41 Thn) menyampaikan “Ilmu yang kami dapatkan dari kegiatan ini sangat bermanfaat, saya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini, in syaa Allah kami akan kembangkan dan membagi ilmu yang sudah kami dapat ke masyarakat desa kami sehingga bisa membantu menopang ekonomi keluarga masyarakat binaan BMM”.    

Besar harapan melalui kegiatan tersebut kelompok usaha BMM di Donggala lebih siap dan matang untuk melakukan produksi sirup air kelapa secara mandiri dan dapat memenuhi standar pemasaran serta dapat berkontribusi dalam tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari peran Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) yang diamanahkan oleh para donatur kepada BMM. Semoga kegiatan serupa yang dikelola oleh BMM tersebut dapat mengalirkan pahala bagi para donatur.

Tags:

Share: