List News

Kalimantan Barat, Desember 2021 – Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitulmaal Muamalat (BMM) berkolaborasi dengan Bank Muamalat Indonesia (BMI), Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) dan Baznas Kabupaten Hulu memberikan bantuan dua unit ambulans terapung lengkap dengan alat kesehatan untuk masyarakat Kecamatan Suhaid dan Embaloh Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat pada Rabu (08/12) lalu. Kegiatan tersebut berlangsung di Kec. Suhaid dan dihadiri oleh Perwakilan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu Bahtiar, S.P., M.Si., Perwakilan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat H. Kaharudin, S.Ag., Perwakilan Direktur Zakat dan Wakaf Kemenag RI Dra. Andi Yasri, Direktur Eksekutif Baitulmaal Muamalat Novi Wardi, Perwakilan Baznas Provinsi dan Kabupaten Kapuas Hulu, Perwakilan MUI Kab. Kapuas Hulu, Pejabat Kecamatan Suhaid dan Embaloh hilir, para perangkat desa serta para kepala puskesmas setempat.

Program ini dilatarbelakangi oleh kondisi Kec. Suhaid dan Embaloh Hilir yang berbatasan langsung dengan Sungai Kapuas tetapi tidak diimbangi dengan ketersediaan fasilitas transportasi air yang memadai. Maka, warga setempat mengalami kendala menempuh jalur air untuk mengakses pelayanan kesehatan terdekat. Padahal jika dibandingkan dengan jalur darat maka akses melalui Sungai Kapuas jauh lebih efektif dan efisien. “Selama 2020 sampai 2021 terdapat cukup banyak kematian ibu dan anak yang melahirkan dalam keadaan darurat dikarenakan minimnya akses layanan kesehatan serta alat transportasi yang cepat, murah, dan aman” Ujar Joko selaku Camat Suhaid.

Yuningsih selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Embaloh Hilir mengatakan "Kami berharap dengan ambulans terapung yang kini hadir di kecamatan kami dapat meningkatkan layanan kesehatan bagi puskesmas serta meminimalisir kematian ibu dan anak. Terima kasih tak terhingga kepada BMM, Bank Muamalat Indonesia, MTT Telkomsel dan Baznas Kapuas Hulu atas bantuan yang sangat cocok dan dibutuhkan saat ini

Program ambulans terapung ini juga diharapkan dapat turut berkontribusi dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya poin ke-3 yakni kehidupan sehat dan sejahtera. ”Alhamdulillah, sungguh senang rasanya ketika BMM dapat berkolaborasi dengan berbagai Lembaga sehingga kebermanfaatan yang diberikan untuk masyarakat dapat semakin luas. Semoga bantuan ambulans terapung ini dapat menginspirasi dan menjadi pelopor dalam membangun kepedulian untuk masyarakat pelosok indonesia” ujar Novi Wardi selaku Direktur Eksekutif BMM.

Tags:

Share: