List News

Jakarta – 21 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi sebuah Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) untuk tetap bertahan ditengah arus perubahan yang ada di tengah masyarakat, terlebih di masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Begitupula dengan Baitulmaal Muamalat (BMM) ditengah tantangan yang dihadapi, Alhamdulillah BMM tetap menunjukkan eksistensinya ditengah masyarakat dan juga bisa mempertahankan status kelembagaannya sebagai Lembaga Amil Zakat skala Nasional.

Di tahun ini, BMM kembali diberikan kepercayaan oleh Kementerian Agama RI melalui Surat Keputusan (SK) berupa Perpanjangan Izin Laznas untuk lima tahun ke depan. Hal tersebut selaras dengan sambutan yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif BMM, Novi Wardi, beliau mengatakan, “Sebuah kepercayaan merupakan hal yang sangat penting dan selalu kami jaga, baik kepada para muzaki, mustahik, hingga stakeholder untuk terus bergandengan tangan memfasilitasi kebaikan untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan.”

Pria yang akrab disapa Novwar tersebut juga menambahkan bahwa saat ini BMM telah membantu lebih dari 1 juta penerima manfaat diseluruh Indonesia selama 21 tahun, “Banyaknya penerima manfaat yang menerima bantuan dalam kurun waktu 21 tahun, tentunya tidak dapat dilakukan BMM sendiri. Dengan semangat dan visi yang sejalan, BMM bersinergi dengan berbagai mitra untuk memfasilitasi kebaikan bersama. Dan semua itu tak terlepas dari izin dan arahan yang diberikan oleh Kementerian Agama RI dan BAZNAS kepada BMM.”

Acara seremoni penyerahan SK perpanjangan Laznas BMM dilakukan pada hari Selasa (29/6/2021) yang juga dihadiri oleh Drs. H. Tarmizi Tohor, MA selaku Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI, Riksa Prakoso selaku Ketua Pengawas BMM, Nanang Basuki selaku Bendahara Pengurus BMM, Ust Ahmad Masykur selaku DPS BMM, Novi Wardi selaku Direktur Eksekutif BMM dan Kepala Divisi serta Manager BMM dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan ketentuan.

Dalam paparan materi yang disampaikan oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI, Drs. H. Tarmizi Tohor, MA, beliau menyampaikan bahwa pandemi berimbas dengan penurunan pengumpulan zakat di berbagai Lembaga, namun BMM dapat menanganinya dengan baik sehingga dapat turut hadir membantu masyarakat yang terdampak pandemi dan juga mempertahankan prestasinya sebagai Laznas.

Diharapkan dengan adanya SK Perpanjangan Izin Laznas ini, BMM dapat terus bergerak untuk memfasilitasi kebaikan, semakin kuat memberikan manfaat, memberikan pelayanan prima baik kepada mustahik maupun muzaki, serta BMM dapat berdiri kokoh walaupun dalam kondisi sulit seperti saat ini untuk tujuan membantu sesama.

Tags:

Share: