List News

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Kemajuan sebuah bangsa sering dikaitkan dengan bagaimana peran serta para pemuda yang ada di dalamnya. Pemuda, sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat melahirkan karya-karya produktif demi kemajuan serta eksistensi bangsanya.


Berbekal semangat Sumpah Pemuda yang diperingati bangsa ini setiap tanggal 28 Oktober, komunitas Pemuda Karawang Bersatu memiliki inisiatif mengadakan sebuah program dakwah “Pemuda Hijrah” untuk menarik perhatian anak muda terhadap konten-konten dakwah. Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum dalam mengingat dan mengikrarkan kembali sumpah pemuda yang telah terlupakan.

Acara akbar yang diadakan di Stadion Singaperbangsa Karawang ini dihadiri oleh ribuan peserta yang terdiri dari 100 komunitas pemuda dari wilayah Karawang dan sekitarnya, Bupati & Wakil Bupati Karawang, Kapolres Karawang, Penghimpunan Pengusaha Karawang serta berbagai tokoh masyarakat Karawang.


Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitulmaal Muamalat (BMM) juga turut berpatisipasi dalam kegiatan tersebut. Dengan semangat sinergi di dalam kegiatan dakwah sosial di tengah masyarakat, khususnya bagi para pemuda Karawang, BMM sangat antusias dalam mendukung terlaksananya kegiatan ini. Acara bertajuk “Nongkrong & Santunan Bareng UHA” ini mengajak komunitas-komunitas anak muda untuk melahirkan karya-karya positif tanpa mengesampingkan semangat berbagi bagi saudara-saudara yang membutuhkan.


Di dalam acara tersebut dilakukan beberapa rangkaian acara diantaranya penampilan seni dan budaya dari berbagai komunitas pemuda Karawang, Tausiyah & Muhasabah yang dipimpin oleh Ustadz Hanan Attaki. Selain itu, dilakukan pula aksi sosial berupa simbolisasi penyerahan bantuan kepada masyarakat di sekitar Karawang yang membutuhkan, diantaranya berupa bantuan biaya operasional bagi 20 pondok pesantren & yatim, bantuan paket sembako bagi 100 orang dhuafa & lansia, food box berupa makanan siap saji bagi kaum dhuafa, serta bantuan biaya operasional rumah siap kerja bagi anak-anak jalanan sebesar Rp 780.000.000,-


Hadir dalam kegiatan tersebut, Bpk. Galeh Pujonegoro, selaku Kadiv Penghimpunan & Perwakilan Wilayah BMM yang turut menyampaikan “Kami sangat mengapreasiasi kegiatan-kegiatan positif semacam ini, dimana pemuda millennial yang menjadi generasi penerus bangsa, bukan hanya bisa berkarya sesuai dengan passion yang dimiliki, namun juga terus belajar dan bersilaturahmi melalui syiar Islam dalam memupuk kepekaan sosial untuk dapat terus berbagi kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.” Pada Acara tersebut, beliau juga memaparkan beberapa program yang dimiliki BMM dan mengajak para peserta untuk bisa berbagi kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung, salah satunya yaitu melaui program Rumah Berkah Muamalat, sebuah program renovasi rumah tidak layak huni & tidak sehat.


BMM dalam hal ini sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional berkomitmen turut mendukung kiprah generasi muda menjadi katalisator dalam bidang sosial dan pemberdayaan masyarakat. Mengingat, salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh BMM yaitu terciptanya kemandirian umat, khususnya bagi para mustahik yang terbantu agar terdorong menjadi muzakki.

Tags:

Share: