Tentang Kami

Salam CEO

Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh,

Alhamdulillaah wa syukrillaah atas segala rahmat dan karunia yang diberikan Allah Subhanahu Wata’ala kepada kita hingga saat ini. Tak terasa kita telah melewati pertengahan tahun 2019, telah banyak aktivitas yang sudah dilakukan oleh Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) selama satu semester ini. Semoga setiap yang kami kerjakan menjadi amal ibadah yang dicatat oleh Allah Ta’ala dalam hal menghimpun, mengelola hingga menyalurkan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf dari umat.

Selama periode Januari – Juni 2019, Alhamdulillaah BMM telah mengalami peningkatan nilai penghimpunan sebesar 34,72% dibandingkan semester I tahun sebelumnya dan penambahan nilai aset wakaf. Selain itu, laporan keuangan BMM tahun 2018 telah selesai diaudit oleh KAP AR Utomo dan mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Namun tentunya hasil yang didapat masih jauh dari sempurna. Masih banyak perbaikan yang harus dilakukan untuk tercapainya target penghimpunan di tahun berjalan.

Evaluasi diperlukan oleh suatu lembaga, guna melihat seberapa jauh kinerja yang telah dilakukan lembaga tersebut. Dalam hal ini BMM melakukan evaluasi, baik dari sisi penghimpunan, pendistribusian, dan supporting system. Dengan adanya evaluasi tersebut semoga di semester kedua ini BMM bisa membuat kerangka perbaikan dalam melayani muzaki secara lebih baik. Selain itu, harapan lainnya adalah BMM dapat memenuhi target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Di bulan Juli ini pula kita telah memasuki tahun ajaran baru, BMM sebagai lembaga yang memperhatikan bidang pendidikan memiliki berapa program diantaranya Beasiswa Sarjana Muamalat, Beasiswa Tahfizh Muamalat, Beasiswa Cikal Muamalat dan Muamalat Solidarity Boarding School. Hingga saat ini kami terus melakukan seleksi penerima beasiswa di beberapa Universitas dan Institusi pendidikan di Indonesia. Program-program tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian dan langkah nyata BMM dalam berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa dan pada akhirnya diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan serta menguatkan aqidah para siswa / mahasiswa sejak dini. Selain itu, semoga para penerima beasiswa juga dapat menjadi calon-calon tenaga amil yang kompeten di kemudian hari dan menebar manfaat bagi umat.

Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Dzulqa’dah, artinya sebentar lagi kita akan berjumpa dengan Ibadah Haji atau Idul Adha di bulan Dzulhijjah. Dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha, BMM memiliki program Qurban Prioritas, sebuah program penyembelihan hewan kurban dengan memprioritaskan kualitas hewan qurban yang baik karena dikembangkan oleh peternak lokal dan sesuai syariah dan juga memprioritaskan pendistribusian hasil penyembelihan kurban ke beberapa daerah yang sangat membutuhkan. Qurban Prioritas akan menyalurkan hewan kurban ke 10 titik ke daerah terluar, termiskin, bencana dan minoritas di Indonesia yaitu di Provinsi Aceh, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, NTB, NTT, Maluku, dan Papua. Kami mempersilahkan kepada para muzaki/donatur yang ingin menunaikan ibadah kurban melalui BMM dengan tangan terbuka. Insya Allah kami akan melakukan yang terbaik dalam hal penyediaan dan pendistribusian hewan kurban yang dititipkan melalui BMM.

Kami atas nama keluarga besar Laznas Baitulmaal Muamalat juga ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah Haji bagi jama’ah yang akan menunaikannya di tahun ini, semoga ibadahnya dapat berjalan dengan lancar dan menjadi haji yang mabrur, Aamiin. Di momen ini, kami juga ingin mengucapkan terima kasih yang kepada para muzaki/donatur yang telah mengamanahkan zakat, infak, sedekah serta wakafnya melalui BMM di sepanjang semester awal tahun 2019 ini. Jazakumullahu Khairan, semoga Allah membalas dengan kebaikan.

Wassalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh.

Jakarta, 28 Syawwal 1440 H / 2 Juli 2019

Teten Kustiawan
Direktur Eksekutif
Baitulmaal Muamalat