Tentang Kami

Salam CEO

Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh,

 

Alhamdulillaah kita telah memasuki bulan suci Ramadhan 1440 H, bulan mulia yang ditunggu-tunggu seluruh umat muslim di dunia. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana amal kebaikan kita akan dilipatgandakan oleh Allah Ta'ala. Optimalisasi pemanfaatan waktu Ramadhan diawali melalui persiapan diri diantaranya memperluas wawasan, memperbanyak zakat, infak, sedekah, wakaf dan amal sosial lainnya. Dengan demikian, peran lembaga amil zakat nasional seperti halnya BMM menjadi penting dalam memfasilitasi umat Islam dalam menyalurkan dan mengelola dana zakat, infak, sedekah dan wakaf dari para muzaki kepada para mustahik yang berhak menerimanya.

 

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1440 H, BMM telah mengawalinya dengan mengadakan acara Tarhib Ramadhan bertajuk “Ramadhan Lebih Berkah dengan Sedekah” yang dilaksanakan pada tanggal 28 April 2019 lalu. Acara yang digelar tepat 7 (tujuh) hari menjelang Ramadhan tersebut merupakan salah satu bentuk inisiasi BMM dalam menyebarkan semangat berbagi dengan bersedekah kepada anak-anak yatim dhuafa melalui kegiatan kebersamaan dengan mengajak komunitas sepeda dan pengunjung umum Car Free Day Jakarta dalam bentuk aktivitas funbike dan dan funwalk. Konsep yang diusung yaitu dimana setiap 1 kilometer kayuhan sepeda / berjalan kaki yang dilakukan didonasikan dalam bentuk sedekah kepada anak-anak yatim dhuafa sebesar kurang lebih Rp50,000/KM.

 

Memasuki bulan Ramadhan, BMM merangkai program-program spesial kepada masyarakat, khususnya bagi para donatur yang ingin memanfaatkan bulan penuh berkah ini sebagai momentum dalam meningkatkan ibadah dalam bentuk penyaluran zakat, infak, sedekah maupun wakaf. Dalam hadis qudsi Allah Ta’ala berfirman, “Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.” Dengan mengambil inspirasi tersebut, BMM mengusung tema program Ramadhan “Zakat Senikmat Berbuka” dan memaknainya dengan konsep bahwasanya berzakat bisa memberikan kenikmatan yang senilai seperti halnya saat kita berbuka puasa. Karena pada hakikatnya, rezeki yang diberikan menjadi kebahagiaan yang bukan hanya bisa dirasakan oleh para mustahik yang menerima, tetapi juga bagi para donatur yang memberikan.

 

Berbagai program Ramadhan yang dimiliki BMM antara lain berupa Paket Berbuka untuk Dhuafa yang akan disalurkan kepada 11.000 dhuafa di seluruh Indonesia, Paket Bingkisan Lebaran untuk Dhuafa yang akan disalurkan kepada 7.000 dhuafa, dan Paket Masjid Bersih Bercahaya, yaitu berupa program bersih-bersih dan perbaikan fasilitas masjid-masjid yang berlokasi disepanjang jalan pantura, untuk memberikan kenyamanan bagi jamaah di sekitar masjid, khususnya bagi para pemudik yang melalui jalur tersebut.

 

Selain itu BMM juga hadir di beberapa pusat perbelanjaan di Jabodetabek (Summarecon Mall Bekasi, Botani Square, Kuningan City, Thamrin City, Tamini Square, BTM Mall, ITC Cempaka Mas, Atrium Senen, Depok Town Square, Depok Town Center, D’Mall, Cibinong City Mall) untuk memudahkan para donatur yang ingin menyalurkan sebagian rezekinya kepada para mustahik selama bulan Ramadhan. Kemudahan transaksi pun menjadi perhatian kami dengan memfasilitasi mesin EDC di setiap konter yang ada.

 

Selama Bulan Ramadhan, BMM juga melayani kegiatan ibadah yang diadakan di Masjid Al Muamalah – Muamalat Tower, Kuningan – Jakarta. Dalam hal ini, BMM memfasilitasi ketersediaan Imam sholat tarawih selama bulan Ramadhan yang berasal dari alumni penerima Beasiswa Tahfizh Al Qur'an BMM-STQ Al Multazam. Ada juga penceramah yang berasal dari Mitra BMM, Imah Noong Lembang Bandung, yang akan mengisi materi ceramah pada waktu ba'da sholat dzuhur.

 

Terakhir, saya berharap semoga kita sebagai umat muslim dapat mengisi bulan Ramdhan ini secara optimal dengan meningkatkan ibadah kepada Allah Subhanahu Wata’ala dengan baik dan penuh hikmah agar kita menjadi orang-orang yang bertaqwa. Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

 

Wassalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh.

 

Jakarta, Mei 2019

Teten Kustiawan
Direktur Eksekutif
Baitulmaal Muamalat