Tentang Kami

Salam CEO

Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh,


Alhamdulillaah atas segala rahmat dan karunia yang diberikan Allah Subhanahu Wata’ala kepada kita hingga saat ini. Memasuki tahun politik di tahun 2019 ini, saya berharap bahwa kita sebagai warga negara, terutama sebagai umat muslim berkomitmen untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan terus meningkatan ibadah yang berdimensi ijtima’iyyah (kemasyarakatan) seperti zakat. Zakat, dalam hal ini merupakan refleksi dari rasa kemanusiaan, keadilan, keimanan, serta ketaqwaan yang mendalam yang harus muncul dalam sikap seorang muslim yang memang wajib melaksanakannya.


Pelaksanaan zakat, infak, sedekah, wakaf (ZISWAF) memiliki hubungan yang erat dengan bidang sosial dan ekonomi. Hal ini karena zakat bertindak sebagai wasilah yang diberikan agama kita, Islam, untuk menghapuskan kemiskinan dengan jalan masyarakat (muzaki) mewujudkan tanggung jawab sosial yang mereka miliki kepada para mustahik. Sesuai dengan hadist riwayat Rasulullah Shallallaahu Alaihi Wasallam: ”Salinglah memberikan hadiah, niscaya kalian akan saling mencintai.” Islam menganjurkan hal-hal yang menjadi sebab tumbuhnya kasih sayang dan persatuan di antara kaum muslimin. Salah satunya, adalah dengan saling memberikan hadiah yang nantinya akan menumbuhkan rasa saling mencintai di antara kita.


Terkait peran sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional, terutama dalam hal penyaluran zakat, Baitulmaal Muamalat (BMM) selalu berusaha untuk bersikap adil dan merata, mengedepakan profesionalisme, objektif serta meningkatkan kemanfaatan zakat bagi umat. Dengan begitu, kita berharap agar Lembaga Amil Zakat Nasioal tetap dipercaya perannya dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Saat ini, BMM terus konsisten melaksanakan program-program pendsitribusian dan pendayagunaan demi kemashlahatan umat. Seperti halnya yang kami lakukan di wilayah Donggala, Sulawesi Tengah dengan mengimplementasikan Program Dusun Zakat Muamalat. Terdapat 90 kepala keluarga penerima manfaat dalam program ini yang akan mendapatkan bantuan pembangunan rumah tinggal, pengembangan ekonomi berbasis pertanian serta peningkatan kehidupan beragama. Selain di Donggala, program Dusun Zakat Muamalat Insya Allah juga akan diimplementasikan di Desa Ciladaeun – Banten yang bekerjasama dengan LAZ Harfa. BMM ingin merealisasikan program kampung zakat yang diprakarsai oleh Kementerian Agama sebagai program yang terintegrasi sekaligus terciptanya sinergi pengelolaan yang baik dalam hal proses assessment, implementasi, dan pendampingan serta monitoring evaluasi program tersebut.


Pengembangan program pemberdayaan lainnya yang Insya Allah akan dijalankan yaitu terkait pengelolaan sekolah ISS Assalam yang kedepannya akan bertransformasi menjadi program MSBS (Muamalat Soidarity Boarding School). Sebuah program sekolah asrama kejuruan selama 6 tahun (SMP – SMK) yang bertujuan membangun generasi yang berkarakter islami, yang dilengkapi dengan ketrampilan serta keahlian yang mumpuni, agar kedepannya diharapkan lulusan MSBS ini tidak hanya bisa mengisi lapangan pekerjaan tetapi bahkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan.


Terkait program pendistribusian, BMM diantaranya sedang melaksanakan program Pangan Untuk Duafa (PAUD), sebuah program bantuan kepada para fakir dalam bentuk santunan sembako dan uang tunai. Saat ini tercatat sudah sekitar 1.000 orang mustahik yang menerima manfaat dari target 8.300 orang penerima manfaat. Dalam teknis pelaksanaan, BMM melakukan sinergi dengan beberapa cabang Bank Muamalat, diantaranya cabang Muamalat di Kudus, Palu, Pekanbaru, Ambon, Langsa, Tanjung Pinang, Pancoran, Samarinda, Cianjur dan Purwokerto. Program Pangan Untuk Dhuafa ini dilaksanakan sejak bulan Desember 2018.


Semoga niat dan usaha yang sedang dan akan dijalankan oleh BMM diberikan keridhoan dan kemudahan oleh Allah Subhanahu Wata’ala agar dapat menjadi lembaga amil zakat nasional yang independen, professional dan unggul dalam memberikan kemudahan muzaki berzakat sesuai syariah serta melayani dan meningkatkan kesejahteraan mustahik.


Wassalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh.


Jakarta, 01 Maret 2019

Teten Kustiawan

Direktur Eksekutif

Baitulmaal Muamalat