Tentang Kami

Salam CEO

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Segala puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu Wata’ala dan sholawat senantiasa tercurah kepada junjungan kita nabi besar Muhammad Shalallaahu ‘Alaihi Wassalam.

Memasuki tahun baru 2021 merupakan peluang, harapan, dan tantangan baru bagi setiap insan maupun organisasi untuk membuat sesuatu yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Termasuk dalam dunia zakat diharapkan dapat lebih baik lagi dari segala aspeknya dalam rangka mencapai tujuan zakat yakni meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan pengelolaan zakat, meningkatkan peran zakat dalam peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan baik lingkup nasional maupun internasional serta lembaga zakat dapat lebih berperan dalam hal bencana baik alam, konflik, atau kemanusiaan.

Berbagai peluang, harapan, dan tantangan yang ada dituangkan dalam bentuk resolusi oleh Baitulmaal Muamalat (BMM). Adapun resolusi 2021 BMM meliputi berbagai aspek. Resolusi pertama yakni peningkatan penghimpunan sebesar 36%. Kedua, peningkatan program pendistribusian dan pemberdayaan di berbagai daerah serta UMKM berbasis desa akan terus dilakukan walaupun tahun 2021 masih berada dalam kondisi pandemi covid-19. Ketiga, BMM melakukan akselerasi penyempurnaan sistem operasional terkait dengan Information Technology (IT) dan tata kelola dalam rangka memberikan service excellent kepada stakeholders.

Dalam rangka mencapai resolusi di atas, BMM mencanangkan beberapa strategi dalam setiap aspek. Pertama, beberapa strategi yang akan dilakukan BMM pada aspek penghimpunan adalah memperkuat jaringan kerjasama melalui program BMM Ambassador, pembentukan jaringan baru melalui pembukaan kantor perwakilan wilayah di beberapa daerah, peningkatan digital campaign secara massif, dan peningkatan layanan Ziswaf (Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf) dengan konsep any time, any where, any tools. Kedua, BMM akan memaksimalkan jaringan relawan di berbagai daerah untuk berkontribusi dalam menciptakan berbagai program pendistribusian yang relevan dengan problematika masyarakat setempat sebagai strategi aspek pendistribusian. Ketiga, strategi BMM dalam aspek operasional lembaga antara lain meningkatkan kapasitas amil melalui berbagai pelatihan, evaluasi, dan pengembangan karir serta penyelesaian digitalisasi sistem informasi manajemen pada setiap departemen.

Maka, saya selaku Direktur Eksekutif mengajak terutama kepada pemangku kepentingan yang memiliki otoritas dalam regulasi agar dapat lebih memfasilitasi peran masyarakat bersinergi dalam pembangunan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah. Selain itu, kepada para pengelola zakat saya mengajak untuk lebih meningkatkan profesionalitas, transparansi, dan layanan, baik kepada muzakki maupun mustahik, serta kerja sama untuk mencapai sinergi yang lebih baik. Kemudian, saya mengajak para amil untuk terus meningkatkan kapasitas dan profesionalitas. Dengan seperti itu, diharapkan pada 2021 berbagai target dan tantangan dapat dilalui oleh BMM. Akhir kata, semoga kita semua terutama para amil dapat semakin meningkatkan kualitas keimanan sehingga kualitas ruhiyah kita turut menyertai segala upaya-upaya insaniyah dalam aktivitas yang kita lakukan. Selamat menjalani tahun 2021 semoga semakin memberikan manfaat dan penuh keberkahan. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin

Jakarta, 02 Jumadil Akhir 1442 H / 15 Januari 2021

 

Novi Wardi
Direktur Eksekutif BMM